So guys, kemarin malem Exo-CBX Debut dengan lagu hey mama yang saat ini sudah cukup viral di Korea. Di postingan kali ini aku bakal ngereview sedikit dari sudut pandang bisnis dan marketing analisis untuk sebuah dunia entretrainer yang memiliki kompetisi besar di Korea ini.
Buat non-Kpopers atau orang awam pasti engga tau apa itu EXO, so aku akan jelasin sedikit;
Exo ini adalah salah satu boyband Korea yang paling sukses di Korea dengan jumlah fans jutaan yang tersebar di dunia. mereka debut tahun 2012 dengan jumlah member 12 orang yang dibagi menjadi 2 grup, Exo Korea dan Exo mandarin. Kedua grup exo ini dibesarkan oleh agensi Sm entertainment secara matang dengan menggabungkan dua negara untuk promosi yang lebih besar.
Ini adalah big trick! mereka membuat para fans untuk stay awake dan bersiap untuk langsung membuka mvnya ketika release, sehingga pihak Sm langsung mendapatkan jutaan viewers dalam 10 menit release. Banyak dari Boyband dan Girlband lain lupa akan hal ini, but i see something different in the trick.
5. Bekerja sama dengan shopping market, cosmetic store dan drugstore di seluruh Korea untuk play lagu mereka.
Sebenernya aku engga sure tentang ini, tapi selama aku di Korea sudah hampir 4 bulan ini, memang sepertinya mereka melakukan kerjasama, setiap fashion store, drug store, cosmetic store Korea pasti akan memutar lagu yang baru saja release dan mencoba untuk menanamkan lagu tersebut dalam kepala setiap orang.
Jadi, adat Korea itu, setiap toko pasti akan memutar lagu dengan speaker yang menghadap ke jalan, sehingga ketika orang berjalan di depan toko mereka, mereka akan tertarik untuk berhenti dan mampir.
6. melakukan Hot Stage Debut
Jadi, setelah mv mereka keluar, mereka pasti akan mengadakan Hot Debut Stage yang mana akan ada panggung seperti konser. Dalam stage tersebut akan ada serangkaian acara yang mereka bawakan, seperti membawakan lagu - lagu yan mereka nyanyikan di OST drama, dan interaksi dengan fans, tapi point intinya adalah menampilkan penampilan debut mereka di real stage.
Acara stage ini juga disiarkan secara live di Vlive tadi, sehingga para fans yang tidak dapat menghadiri konser yang biasanya tiketnya akan habis dalam waktu 1 detik tersebut dapat ikut serta menikmatinya melalui smartphone.
Buat non-Kpopers atau orang awam pasti engga tau apa itu EXO, so aku akan jelasin sedikit;
Exo ini adalah salah satu boyband Korea yang paling sukses di Korea dengan jumlah fans jutaan yang tersebar di dunia. mereka debut tahun 2012 dengan jumlah member 12 orang yang dibagi menjadi 2 grup, Exo Korea dan Exo mandarin. Kedua grup exo ini dibesarkan oleh agensi Sm entertainment secara matang dengan menggabungkan dua negara untuk promosi yang lebih besar.
Exo 12 member
Namun beberapa tahun kejayaan Exo sedikit berkurang karena 3 orang member mengundurkan diri. Sehingga saat ini hanya tinggal 9 orang.
Exo 9 member
Dan 2016 ini mereka comeback dengan lagu "lotto" dan berhasil menjual lebih dari 3 juta copy album dan juga menjadi lagu yang berada di peringkat pertama billboard dunia, dalam dua versi, Korea dan China.
Exo tidak berhenti berkarya, kemarin malam mereka baru saja mengeluarkan lagu baru yang berjudul "Hey mama" yang merupakan mini album dan hanya dibawakan oleh 3 member, yaitu Baekyhun, Chen dan Xiumin.
Tiga orang ganteng ini adalah main vocal yang kini berada di Exo, dengan kemampuan vocal yang luar biasa, mereka berhasil memperlihatkan kemampuannya dalam lagu ini.
Ada banyak drama yang OST Backsoundnya dinyanyikan oleh Baekyhun dan Chen. Jadi memang suara mereka tidak diragukan lagi memiliki kharisma yang luar biasa. Jadi untuk beberapa orang yang mungkin akan bilang, Boyband Korea coma modal operasi plastik dan ganteng, it's a big mistake!
Singkatnya, mereka menghabiskan waktu bertahun tahun untuk menjadi trainee di agensi tersebut dengan modal dasar bisa menyanyi, dancing dan good locking. Jadi mereka itu udah ngelakuin much effort to become an Idol.
Dan let's back to point that i want to share today, tentang bagaimana Sm Entertaintment melakukan trick marketing.
1. Bikin Isu kepada media 1 bulan sebelumnya.
Jadi, saat proyek mereka sudah hampir selesai sekitar 70%, mereka akan mulai menyebar rumor dan isu tentang adanya Debut dari 3 orang member Exo pada akhir november ini. Sehingga hampir semua fans Exo akan membicarakan hal ini sampai release.
2. membagikan poster foto Debut sebelum release.
Lagu ini memiliki nuansa disko tahun 70an sehingga CBX ini memiliki tema style ala 70an yang mana akan dimunclkan juga kesan - kesan tahun 70annya pada music video nanti. Jadi sebelum release biasanya 1 minggu sebelumnya kita sudah dapat menemukan foto-foto debut mereka di berbagai sosial media dan majalah digital.
3. Upload Teaser di Youtube, V-Live, dan Exo-L website.
Bahkan teaser mereka mencapai hampir 2 juta view!
Oh, ya Vlive adalah salah satu applikasi untuk artis-artis kroea melakukan interaksi sama fansnya, hampir sama dengan bigolive tapi Vlive hanya untuk artis-artis. So, pastinya para fans Kpopers punya applikasi ini di handphone mereka dan langsung dapat notification tentang Exo.
4. melakukan V-Live 1 jam sebelum release
Jadi, dalam V-Live itu Chen, Baekyhun dan Xiumin melakukan Vlive sambil menunggu mv mereka release, mereka melakukan bincang-bincang kecil dan berinteraksi dengan fans.
It's also happen before, sebelumnya salah satu member Exo yaitu Lay juga Debut Single Album, dan Chanyeol melakukan Vlive selama lebih 1 jam untuk menemani para fans dan memastikan para fans untuk bersiap memutar mv nya ketika release.
Dan you guys can see, hampir 6 juta viewers dalam 2 hari!
They work it so well.
Sebenernya aku engga sure tentang ini, tapi selama aku di Korea sudah hampir 4 bulan ini, memang sepertinya mereka melakukan kerjasama, setiap fashion store, drug store, cosmetic store Korea pasti akan memutar lagu yang baru saja release dan mencoba untuk menanamkan lagu tersebut dalam kepala setiap orang.
Jadi, adat Korea itu, setiap toko pasti akan memutar lagu dengan speaker yang menghadap ke jalan, sehingga ketika orang berjalan di depan toko mereka, mereka akan tertarik untuk berhenti dan mampir.
6. melakukan Hot Stage Debut
Jadi, setelah mv mereka keluar, mereka pasti akan mengadakan Hot Debut Stage yang mana akan ada panggung seperti konser. Dalam stage tersebut akan ada serangkaian acara yang mereka bawakan, seperti membawakan lagu - lagu yan mereka nyanyikan di OST drama, dan interaksi dengan fans, tapi point intinya adalah menampilkan penampilan debut mereka di real stage.
Acara stage ini juga disiarkan secara live di Vlive tadi, sehingga para fans yang tidak dapat menghadiri konser yang biasanya tiketnya akan habis dalam waktu 1 detik tersebut dapat ikut serta menikmatinya melalui smartphone.
Kesimpulannya, Sm entertainment selalu punya trik dan cara untuk membesarkan anak asuh mereka menjadi idol besar, sekaligus menghasilkan banyak uang dengan penjualan album cetak dan digital. Sehingga tidak bisa dipungkiri mereka bahkan memakan waktu 1 tahun untuk mempersiapkan 1 buah proyek.
grup boyband exo memang terkenal di negaranya maupun di negara-negara lain, apalagi mereka juga sempat memaiankan sebuah drama yang bisa membuat grup boyband exo semakin terkenal seperti baekhyun yang ada di drama moon lovers dan D.O di beberapa drama seperti hello monster dan drama barunya hyung..
BalasHapus